Zeventina's Journey ~ Catatan Kebahagiaanku

Zeventina's Design JUST FOR U
"Blogspot, Wordpress, Yahoo 360's Themes"



Friday, October 21, 2005 | 12:07 AM

Buat Apa Nge 'BLOG'?


Apa sih gunanya ngeblog? Kenapa urusan pribadi kita dipublish ke publik? Apa tidak riskan? Trus apa gunanya buat kamu? Apa ada keuntungan dari segi finansial? Bermacam pertanyaan itu sempat memenuhi kepalaku waktu pertama kali aku berurusan dengan dunia per-blog-an. Kalau akhirnya aku 'kecemplung' dan 'terlanjur basah'.. tentu ada alasannya. Coba deh simak alasan pribadiku nge'BLOG!!'

Melatih Kreativitas
Saat berurusan dengan blog, dituntut kreativitas yang tinggi untuk bisa membuat blog kita diminati orang lain. Blog dengan tampilan yang manis dari segi design, bagus dari segi isi (postingan), tentu menarik minat orang untuk berkunjung. Saat blog kita ramai dikunjungi, terlihat ada penghargaan terhadap hasil jerih payah (kreativitas) kita. Kita jadi terpacu untuk membuat blog yang menarik.

Terbiasa Berpikir Sebelum Bertindak
Menulis blog tentu tidak sembarangan. Harus ada topik, isi dan visi. Kita harus berpikir terlebih dahulu sebelum menulis. Otak kita jadi terasah terus. Saat mencari referensi, pengetahuan kita otomatis bertambah. Kita jadi tidak kuper (kurang pergaulan). Lambat laun pola berpikir sebelum menulis akan menular menjadi berpikir sebelum bertindak. Kalau orang sudah dalam tahap berpikir sebelum bertindak, diharapkan kadar emosional yang meledak-ledak akan berkurang. Bahasa gampangnya, jadi lebih sabar. Hal yang positif, bukan?

Menambah Wawasan
Wawasan yang berhubungan dengan teknik-teknik ngeblog tentu bertambah terus. Saat kita blogwalking, kita lihat blognya orang lain, pakai accessories ini itu, kita jadi terpacu untuk belajar, belum lagi saat membaca postingan teman yang menulis tentang berita aktual, atau berita kemajuan iptek, tak hanya pengetahuan teknik ngeblog yang bertambah, tapi juga pengetahuan umum.

Menambah teman
Sudah tentu seiring perjalanan, kita akan bertemu banyak teman seperjuangan. Berteman dengan sesama blogger tidak hanya dari Indonesia tapi dari seluruh dunia, wow.. begitu menyenangkan. Berteman dalam dunia maya punya keunikan tersendiri, yang 'gairah'nya berbeda dengan pertemanan di dunia nyata. Dalam dunia maya, kita tahu 'isi kepalanya' terlebih dahulu sebelum tahu fisiknya, sedang di dunia nyata kebalikannya. Fisik dulu isi belakangan. Walau banyak resiko, sering terjadi kasus penipuan identitas dalam dunia maya, kita tidak harus menyerah. Kita bisa belajar memperkuat insting agar tidak tertipu. Bagaimana caranya? Aku ada trik ampuh untuk terhindar dari penipuan. Triknya adalah, gunakan sistem lingkaran seperti di friendster, ada teman level 1, level 2 dst. Level 1 kita benar2 kenal teman ngeblog kita. Kalau level 1 tidak bisa, kita cari level 2, yaitu temannya teman. Walau dengan ybs kita tidak kenal, minimal teman kita yang lain yang kita yakini keberadaannya, mengenalnya. Berarti pasti teman kita yang 'maya' ini 'nyata' karena teman kita mengenalnya. Mengenal disini maksudnya fisikly. Kalau tidak terpenuhi, cari level 3, yaitu temannya teman teman. Kalau satu orang sudah yakin keberadaan teman kita, maka kita tak usah ragu. Begitulan kira-kira.

Sebagai Arsip perjalanan Hidup
Blog dapat dijadikan arsip perjalanan kehidupan kita. Seringkali kita sukar mengingat saat-saat penting dalam kehidupan kita. Saat pertama kali anak bisa berjalan, misalnya. Jika hanya ditulis dalam buku diary, saat tahun berganti, bukunya sudah usang dimakan usia. Untuk mencari tanggal penting kita harus bolak balik lembar demi lembar halaman buku. Begitu merepotkan. Padahal kalau punya blog, untuk mencari arsip lama tinggal klik, keluarlah semua yang kita cari. Sangat praktis dan simple.

Sebagai Kenangan Yang Abadi
Saat kita mati, tulisan kita tetap hidup. Seluruh manusia di dunia dapat menikmati tulisan kita. Tulisan sifatnya abadi, tak terkikis oleh usia. Tinggal pandai-pandainya kita merangkai kata-kata yang indah, yang bukan hanya indah, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain.

Selamat ngeblog.. Viva Blogger Indonesia!!



25 comments