Zeventina's Journey ~ Catatan Kebahagiaanku

Zeventina's Design JUST FOR U
"Blogspot, Wordpress, Yahoo 360's Themes"



Sunday, October 30, 2005 | 3:40 AM

Perubahan Waktu di Jerman


Hari ini adalah hari pertama pergeseran waktu di Jerman, jadi mundur 1 jam. Karena mundur itu, maka perbedaan waktu dengan Indonesia jadi bertambah panjang. Tadinya selisih waktu antara Indonesia Jerman 5 jam, sekarang jadi 6 jam. Mengapa waktu bergeser? Di negara dengan 4 musim, saat musim panas datang, pada waktu malam hari sekitar jam 21-22, langit masih terang seperti jam 4 sore di Indonesia. Subuh jam 5 pagi langit juga sudah cerah seperti jam 7 pagi di Indonesia. Saat pergantian musim ke musim dingin, kondisinya berbalik. Langit jam 19.00 sudah gelap seperti jam 21.00 di Indonesia, dan jam 7 pagi masih gelap, seperti jam 5 subuh di Indonesia. Terbayang deh biasanya Chacha sekolah jam 7.45. Saat musim dingin, jam 7.45 masih gelap.. kasihan banget harus pergi gelap-gelapan. Makanya ada kebijakan untuk menggeser waktu, jadi biasanya Chacha sekolah jam 7.45, sekarang jadi jam 8.45.

Setiap minggu pertama awal musim dingin, sekolah di Jerman libur 2 minggu. Kelihatannya sih untuk penyesuaian pergeseran waktu. Hari ini adalah hari pertama musim dingin. Chacha libur 2 minggu. Ditambah Franz cuti 2 minggu. Wah.. asyik ya. Sayang aku sih ga libur. Kegiatan di Uni tetap jalan.

Tahun lalu, November sudah turun salju. Entahlan tahun ini.

Oh ya kemarin pas jalan, aku iseng motret harga BBM. Ini harganya dalam Euro.

Disini penjual BBM macam2, ga kaya di Indonesia yang dimonopoli oleh Pertamina. Disini bebas, yang jual banyak, harganyapun tiap hari beda2, jadi pembeli berhak memilih beli di tempat yang termurah.

Disini kalau beli bensin sistemnya self service. Ambil sendiri, trus kalau sudah selesai, kita bayar ke tempat pembayaran (semacam supermarket kecil disamping pom bensin). Ha..ha.. kalau di Indonesia diberlakukan sistem begini, dijamin setelah mengisi bensin, pada banyak yang kabur deh..


18 comments