Zeventina's Journey ~ Catatan Kebahagiaanku

Zeventina's Design JUST FOR U
"Blogspot, Wordpress, Yahoo 360's Themes"



Thursday, November 03, 2005 | 12:22 PM

Happy Idul Fitri


Kami sekeluarga mengucapkan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri' buat semua yang merayakan. Maafin kalau aku ada salah2 tulis atau kata2 yang kurang berkenan.

Jadi inget dulu waktu masih di Bandung, kalau Lebaran begini aku, mama, papa, adik, kakak berbondong2 mengunjungi tetangga, silaturahmi, saling bermaaf-maafan. Kalau melihat aku datang, para tetangga langsung ngeluarin tape hitam, kacang goreng sama kastengel. Mereka sudah hafal kegemaranku, he..he.. Kadang mereka bungkusin buat dibawa pulang. Malu-maluin ya. Tapi gimana.. hubungan dengan tetangga sudah demikian dekat, sudah berasa saudara sendiri. Karena kebanyakan orang Jawa, aku panggil mereka Bude. Bude Darti, Bude Wiro, Bude Wiwi, Bude Tini, ha..ha.. semua bude2.

Di Jerman, baik Natal maupun Lebaran, tak ada tradisi silaturahmi ke tetangga seperti tradisi di indonesia. Mereka rata2 kumpul sama keluarga saja. Di negara maju rata-rata individualismenya tinggi banget. Masing-masing tak ada yang ngurusin orang lain. Satu sisi asyik juga, benar2 punya privacy yang tinggi untuk tidak saling ngerumpi, tapi sisi lain, karena aku sudah terbiasa iklim Indonesia yang sama tetangga saling dekat, jadi aneh. Seperti ada yang hilang, he..he..

Image hosted by Photobucket.com


Ternyata suasana Lebaran di Indonesia aku rindukan. Buat para tetangga di Bandung sana, salamku dari jauh. Nanti kalau pulang mau aku puas-puasin deh makan tape hitam yang di Jerman gak ada.

Duh, kangen teman2 di Bandung. Endang, Ning, Tin2, Hilman, Sonya, dll... Miss you all.......


17 comments