Zeventina's Journey ~ Catatan Kebahagiaanku

Zeventina's Design JUST FOR U
"Blogspot, Wordpress, Yahoo 360's Themes"



Tuesday, December 06, 2005 | 12:01 AM

Blogfam Dalam Perspektif Seorang Wanita Biasa


Prolog


Blogger family adalah suatu komunitas web-blogger Indonesia yang didirikan oleh seorang wanita luar biasa bernama Labibah Zain atau populer dengan nama Maknyak. Dimulai dari milis (6 Desember 2003) yang meningkat ke forum (18 Desember 2003), akhirnya mempunyai portal sendiri yang menambah cantik tampilan forum blogfam (Juli 2005). Per tanggal 4 Desember 2005 jam 00.35 WIB, jumlah anggota blogfam tercatat 1462 user, dengan 75747 artikel dari 4339 topik. Anggota blogfam tersebar di 5 benua dan terdiri dari berbagai kalangan dan background sosial yang beragam.


Blogfam Dalam Perpektif Seorang Wanita Biasa


Sebelum terjun ke suatu komunitas, pertama kali saya mempelajari dahulu komunitas itu seperti apa. Dengan bantuan google saya mencari komunitas blogger yang kira-kira cocok dengan hati nurani saya. Mulailah saya masuk ke ID Gmail (yang dimotori kang Enda) dan masuk Blogfam juga.

Di Blogfam, ada yang berbeda. Saat pertama kali bergabung (30 Mei 2005), blog saya masih sangat sederhana. Belum cukup terampil untuk mempercantik blog. Modalnya dulu hanya nekad saja. Tapi diluar dugaan, sambutan dari pengurus dan para anggota blogfam di forum perkenalan sangat hangat. Begitu banyak yang menyapa, dan mengunjungi blog saya, sambil menuliskan comment, atau menyapa lewat shoutbox. Hal itu sangat membangkitkan kepercayaan diri saya, yang dulu kurang yakin apakah saya yang pengetahuan ngeblognya sangat minim, dapat diterima. Saya benar-benar merasa diterima.

Kehangatan keluarga saya rasa bukan hanya sekedar motto blogfam, tetapi benar-benar menjadi ciri khas blogfam seperti apa yang telah saya alami. Mungkin karena dalangnya para ibu, yang mempunyai kepekaan yang luar biasa terhadap kehidupan sosial bermasyarakat.

Mengapa blogfam begitu populer dan memiliki kontribusi sangat besar tidak hanya dari segi keanggotaan tetapi juga dari segi hubungan sosial yang berkembang dengan hangat dan harmonis diantara para anggotanya? Jawabannya mungkin karena landasan, ide, pengurus, bermula dari seorang wanita!

Ini ada tinjauan psikologis terhadap ciri-ciri kepemimpinan seorang wanita, yang sebagian saya kutip dari drama George Bernard Shaw berjudul Pygmalion, (drama ini pernah dibahas juga di Harian umum Kompas), yang bercerita tentang gadis desa penjual bunga yang miskin-Eliza Doolitle-yang di ujung cerita berubah diri menjadi seorang Putri.

Yang membedakan gadis penjual bunga dengan seorang Putri, bukan terletak pada perilakunya, tetapi pada bagaimana dia diperlakukan,
pada harapan apa yang digantungkan kepadanya.
Kepada Profesor Higgins, saya akan berlaku sebagai gadis miskin penjual bunga sebab dia memperlakukan dan mengharapkan saya seperti itu. Tetapi kepada Anda, Kolonel Pickering, saya percaya bisa menjadi seorang Putri sebab Anda memperlakukan dan mengharapkan saya sebagai seorang Putri!

Itu adalah efek Pygmalion, yang berarti harapan seseorang dapat memberi kekuatan lebih. Maka wanita dapat berperan menjadi lebih daripada seorang ibu biasa, jika kita menaruh harapan besar kepadanya. Dengan tangan dan kakinya wanita akan dapat menguasai dapur, kasur, anak, dunia luar dan segala tetek bengek tugas seorang ibu lainnya, tanpa mengeluh. Kekuatan yang lembut, yang sudah digariskan Tuhan dimiliki oleh seorang wanita.

Tulisan saya bukan bermaksud mengecilkan arti pria. Apalah arti wanita tanpa pria. Dalam perkembangannya, blogfam menjadi lebih semarak dengan kehadiran para pria. Polesan unsur maskulin membuat blogfam lebih cantik dan kokoh.


Manfaat nyata Blogfam


Ada thread favourite saya di blogfam, yaitu forum utak atik blog di galery kreasi. Disana jurus menaklukan blog gaya apa saja ada. Tinggal kita rajin atau tidak baca-baca.

Dari forum blogfam dan forum lain, saya banyak belajar proses mempercantik blog. Syukurlah dalam hitungan waktu satu bulan, saya telah berhasil menyulap blog saya menjadi blog yang agak cantik (dalam pandangan saya), dibanding blog pertama saya dahulu. Berkat blogfam, saya menemukan kiat untuk mengutak atik blog.

Saat lain, saat bosan dengan masakan biasa, saya buka resep hasil share teman-teman di forum blogfam. Lumayan, namanya hidup jauh dari tanah air, resep itu menjadi teman sehari-hari bagi saya yang dulu saat di Indonesia malas masak.

Bagi yang suka tulis menulis, blogfam juga menyediakan sarana buat mengekspresikan tulisan karya kita, dapat berbentuk cerpen, puisi atau novel. Nantinya tulisan itu akan dibaca dan diberi komentar oleh para anggota yang tertarik. Sayang sampai saat ini saya belum punya cukup keberanian buat mengirimkan novel pertama saya. (ssstt.. masih malu nih..)

Tanpa terasa, telah hampir 7 bulan saya menjadi anggota blogfam. Dan tanpa terasa juga, begitu pesatnya grafik anggota baru yang bergabung dengan blogfam.

Semoga blogfam selalu menjadi komunitas yang tak pernah meninggalkan ciri khasnya mengutamakan kehangatan keluarga, sesuai motto: WE ARE A BIG FAMILY!

Apalah arti sebuah komunitas tanpa kehangatan hubungan kekeluargaan..

I love Blogfam! Viva Blogfam! Kita maju bersama..


42 comments